Kerugian Konsumsi Terlalu Banyak Kopi

Anda jangan salah kira, minum kopi memang memberikan banyak manfaat. Namun, saat seseorang minum kopi terlalu banyak akan menimbulkan masalah kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi sekitar 600 mg per hari dapat memicu insomnia, lekas marah, gelisah, gugup, atau Bola Online lemah otot. Teh jati cina dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kamu dengan menstimulasi sel darah putih dalam memerangi patogen yang disebabkan oleh penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Rempah-rempah lain yang bisa digunakan untuk obat asam lambung yakni temulawak.

Kerugian konsumsi terlalu banyak kopi

Minum kopi itu memang nikmat dan nagih, tetapi bahayanya juga besar lho. Berikut ini dampak negatif dari meminum kopi bagi tubuh dan kesehatan kamu. Saat Anda mengkonsumsi kafein secara berlebihan, maka Anda pun akan mengalami suatu reaksi ketergantungan. Hal ini akan membuat Anda merasa tertekan, sedih, dan bahkan depresi bila Anda belum mengkonsumsi kopi karena rendahnya kadar dopamin di dalam tubuh.

Ditemukan pula balita usia 2 tahun yang minum kopi atau teh di sela waktu makan tiga kali lebih berisiko mengalami obesitas saat duduk di bangku TK. Brusie menambahkan, dosis kafein yang sangat tinggi dapat menyebabkan kejang dan serangan jantung, dengan risiko kematian. Segala sesuatu yang berlebihan, sekalipun sehat, dapat memberikan dampak buruk untuk tubuh. Termasuk salah satunya meminum kopi dalam jumlah banyak setiap harinya. Jika sudah candu minum kopi dalam jumlah banyak, seperti 3 gelas atau lebih, coba untuk mengatur asupan kafeinmu kembali. Ini dapat terjadi jika kamu meminumnya dengan campuran gula, krimer, susu, dan lainnya setiap hari.

Pasalnya, terlalu banyak minum kopi justru menambah rasa cemas. Terlalu banyak minum kopi akan menyebabkan kita benar-benar kurang tidur dan menjadi lebih lelah di siang hari. Dalam beberapa kasus, jantung yang berdetak kencang dapat menyebabkan pusing dan bahkan pingsan. Satu-satunya solusi untuk menghentikan jantung berdebar dengan konstan ini adalah menghindari minuman berkafein.

Untuk mengurangi risiko rhabdomiolisis, ada baiknya Anda tidak mengonsumsi kafein dengan membatasi asupan kafein hingga 250 mg per hari. Kebiasaan meminum kopi sendiri dalam jangka pendek meningkatkan “kewaspadaan” seseorang dan dalam jangka panjang mengurangi resiko terkena Parkinson, Batu empedu, dan penyakit hati dan ginjal. Namun disaat yang bersamaan, konsumsi kopi dalam jangka panjang biasa dikaitkan dengan meningkatnya kadar kolesterol, resiko penyakit jantung dan osteoporosis.

Masih wajar jika wanita yang sedang hamil mengonsumsi dua atau tiga cangkir kopi dalam sehari. Namun, jika mengonsumsi lebih dari tiga cangkir kopi sehari, maka kemungkinan besar wanita tersebut akan mengalami keguguran. Untuk menghindari hal tersebut, alangkah lebih baik apabila wanita yang sedang hamil tidak terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Yutan