Tips Anak Tak Bosan Belajar Di Rumah Di Tengah Pandemi Corona

Pilihlah supplier yang memiliki sinyal bagus di daerah tempat Ibu tinggal sehingga tidak akan mengganggu proses sekolah on-line anak. Terkadang orang tua ingin membantu anak menyelesaikan tugas-tugas tersebut agar anak bisa mengikuti pelajaran dengan baik dan memperoleh nilai maksimal. Namun, jika ini terlalu sering terjadi, anak bisa mengandalkan orang tua dan lepas tangan akan tugas-tugasnya. Karena, dengan memberlakukannya kedisiplinan ini, proses belajar mengajar bisa lebih terjadwal, rutin, dan waktu di rumah yang juga digunakan untuk belajar pun menjadi efisien. Akan tetapi, mungkin tidak semua orang tua terbiasa mendampingi anak belajar, yang terkadang bisa menjadi tantangan baru juga. Saat ini sudah banyak muncul variasi lain untuk belajar selain lewat jalan konvensional.

Tiap pengajar, kata Martha, diminta mengajar yang mampu merangsang kreativitas motorik anak. Caranya para orang tua murid datang ke sekolah sesuai jadwal ditentukan agar tidak menimbulkan kerumunan. Anak tidak mendapat pengetahuan yang harusnya diperoleh dari proses belajar, sehingga memengaruhi pengetahuannya di kelas selanjutnya.

Manfaatkan Permainan-Permainan Matematika online atau Lakukan permainan-permainan tradisional yang memiliki fenomena matematis tertentu. Cara berikut bisa kamu coba untuk benar-benar memahami pelajaran dengan mengulang materinya kembali. Ingatkan anak tentang aturan dan jadwal yang akan dibuat bersama merupakan tanggung jawab setiap anak dan tanggung jawab bersama untuk mengikutinya. MIKIR merupakan kepanjangan dari M – membuat jadwal dan aturan bersama, I – ide kegiatan, K – Komunikasi positif, I – Ingatkan waktu dan introspeksi, serta R -Refleksi dan relasi.

Cara agar anak tidak bosan sekolah online

Pemerintah memberikan arahan proses belajar mengajar tetap dapat berlangsung dengan cara daring atau on-line. Para guru akan memberikan tugas atau materi melalui sebuah aplikasi yang dapat diakses oleh siswa. Artinya, antara siswa dan guru harus memiliki fasilitas yang diperlukan.

Apalagi saat pandemi Covid-19 masih merebak, motivasi belajar kerap hilang dan membingungkan diri anak tersebut. Memotivasi anak adalah salah satu bidang di mana idealnya, orang tua lebih baik daripada guru mana pun. Bantu mereka meningkatkan rasa ingin belajar tanpa harus menghukum secara psikologis. Cari tahu apa yang dia inginkan, penuhi jika itu logis untuk membantu belajar. Seperti itulah tips parenting membantu anak belajar online di rumah. Terapkan langkah di atas, tak lupa minta bantuan pada pasangan atau kerabat jika mengalami kesulitan.

Membuat target-target kecil adalah salah satu langkah untuk membuat anak beradaptasi dengan situasi terkini dan menjaga kualitas waktu belajar. Aktivitas belajar di rumah mulai dilakukan oleh para siswa dengan pembelajaran melalui sistem on-line. Perubahan dari sistem tatap muka menuju on-line pasti menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua untuk membuat anak menjadi terbiasa. Itu dia tips mengatasi anak yang mulai malas melakukan sekolah online. Dalam proses pembelajaran daring, penting untuk ditambahkan pesan-pesan edukatif kepada orangtua dan peserta didik, tentang wabah pandemi Covid-19.

Apabila media dan sinyalnya sudah mendukung, maka proses pembelajaran akan menjadi lebih mudah untuk dijalankan. Jadi, pastikan semua murid dan guru memiliki dan mengetahui cara menggunakan media elektronik untuk proses belajar mengajar. Namun, selain handphone, sinyal yang terkadang tidak lancar membuat proses belajar mengajar menjadi tidak lancar. Hal ini membuat para siswa sulit menangkap maksud dan tujuan dari penjelasan guru dan sebaliknya. Maka, sebelum melanjutkan proses pembelajaran online, ada baiknya untuk memperbaiki sistem IT-nya terlebih dahulu. Sebagian besar aktivitas belajar mengajar dialihkan ke media online.

Menurut Saya jika bisa jam daring dilakukan setiap jam mata pelajaran masing masing agar semua berjalan dengan lancar tanpa ada jam yang bertabrakan. Saran saya berikan kami tugas yang sewajar nya dari 14 mata pelajaran itu, agar kami bisa memiliki waktu juga untuk kluarga. Suasana belajar yang tak nyaman juga bisa menjadi penyebab anak malas belajar. Selalu memberi pujian dari semua pencapaian yang mereka lakukan, baik itu saat berhasil mengerjakan tugas, atau bertahan sampai proses pembelajaran selesai.

Yutan