Sinar Matahari Membunuh Virus, Efektifkah Berjemur Untuk Perangi Covid

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan pencegahan penyakit, seperti Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona. Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, alih-alih mengelola stres, akan lebih baik untuk menghindarinya saat memasuki usia senja. Berbagai pola hidup sehat dapat membantu lansia untuk mengurangi stres dalam kesehariannya. Tak heran jika para lansia cenderung lebih berisiko untuk mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, sangat penting bagi lansia untuk memperbanyak konsumsi air.

Tentu saja, hal ini sangatlah penting bila mengingat bahwa pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung. Selain membantu menjaga berat badan tetap perfect, aktivitas fisik pada lansia dapat memberikan banyak manfaat untuk lansia. Mulai dari menurunkan risiko penyakit jantung, memperbaiki daya ingat, meningkatkan kualitas tidur, menjaga kekuatan tulang, mengurangi rasa nyeri, dan mengatasi gangguan mental pada lansia. Vitamin D bisa mencegah terjadinya gangguan kesehatan yang tidak berhubungan dengan tulang.

Jangan menggunakan tanning mattress karena berbahaya dan juga tidak memberikan kandungan sinar UVB untuk merangsang produksi vitamin D. Kulit wajah memiliki lapisan yang lebih tipis sehingga tidak akan menghasilkan banyak vitamin D. Harap diperhatikan penggunaan obat topikal karena bisa menyebabkan reaksi foto-alergi.

Berjemur matahari efektif meningkatkan imunitas tubuh

Dikatakannya, banyak hal kreatif yang bisa dilakukan di tengah mebawahnya Covid-19. Adanya ketetapan dari pemerintah untuk menjaga jarak aman dan menggunakan masker, baginya hal itu bukanlah menjadi persoalan dalam meningkatkan efektifitas kerja. “Yang terpenting ketentuan-ketentuan dalam social distancing ataupun phisycal distancing yang ditetapkan oleh pemerintah, harus kita taaati. Misalnya, dalam rapat yang kita laksanakan itu, Situs Bola Online kita memperhatikan jarak aman, menggunakan masker, dan juga perkumpulan jumlah orang dalam rapat tersebut tidak lebih dari 10 orang,” ujarnya. Keistimewaan yang bisa kita dapatkan dari berjemur di bawah sinar matahari yaitu meningkatkan fungsi otak. Dilansir dari pursuit.unimelb, penelitian baru menunjukkan bahwa vitamin D, yang sering diperoleh melalui paparan sinar matahari, mungkin baik untuk otak kita, terutama wanita.

Kekebalan tubuh yang baik inilah yang bisa bekerja melawan virus Covid-19 dalam tubuh. Vitamin D yang bisa lansia dapatkan dari sinar matahari pagi memang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Meski begitu, cara untuk mengembalikan daya tahan tubuh yang benar adalah berjemur dengan sinar matahari pagi 15 menit setiap harinya. Vitamin D yang diproduksi oleh tubuh dari proses berjemur di bawah sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaatnya, agar tubuh memperoleh asupan vitamin D yang cukup dari paparan sinar UV. Belakangan ini, berjemur menjadi tren yang “katanya” ampuh dalam melawan virus corona.

Vitamin D sendiri berfungsi untuk metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf. Salah satu aktivitas yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas guna mencegah terpaparnya virus Corona yaitu berjemur. Omega-3 dan vitamin E juga salah satu vitamin penting yang dapat menjaga imun tubuh anak. Sedangkan vitamin E merupakan antioksidan yang berperan menjaga kekebalan tubuh anak. Makanan yang kaya akan omega-3 dan vitamin E adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Setiap vitamin memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda bagi kesehatan tubuh.

Maraknya kegiatan gerakan berjemur matahari pagi di banyak instansi dan masyarakat, pun diikuti jajaran pemerintah desa Purwodadi. Kepala Desa Purwodadi bersama-sama jajaran perangkat desa melakukan kegiatan berjemur matahari pagi untuk mengambil manfaat akan kegiatan ini. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan melindungi diri dari penyebaran virus Covid-19. Di tengah merebaknya virus Covid-19, kita harus senantiasa menjaga kekebalan tubuh agar tidak terkena virus Covid-19 ini.

Hal ini dilakukan karena secara alami terdapat sedikit makanan yang mengandung vitamin D sehingga nutrisi ini ditambahkan pada bahan makanan pokok. Misalnya saja, produk susu sapi, susu nabati, sereal siap saji, yogurt, tahu, dan jus jeruk. Multivitamin dan mineral esensial untuk meningkatkan respons imun tubuh. Dosis yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian pada umumnya antara 400 IU – 5000 IU sehingga jenis ini bisa dibeli dengan bebas. Namun, dosis untuk setiap orang bisa berbeda-beda tergantung dari usia dan juga kondisi kesehatan. Buah-buahan ini juga mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari ancaman kerusakan.

Yutan