Ppkm Kembali Diperpanjang, Rahmad Darmawan Punya Dua Permintaan

Begitu juga dengan aturan pembatasan kapasitas, yang mematok ketentuan maksimal 50 persen. Pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro di periode 4-17 Mei 2021. Dalam PPKM Mikro ke-7 ini, pemerintah memperluas cakupan hingga ke 30 provinsi. Meski tak ada perubahan, namun, pemerintah tetap memberikan penegasan jika protokol kesehatan seperti menggunakan masker wajib dilakukan.

PPKM kembali diperpanjang

Diharapkan dengan adanya warga yang semakin memiliki kesadaran untuk melaksanakan 5M sehingga resiko penularan covid 19 semakin diminimalisir atau bahkan dapat dihilangkan sama sekali. “Pemprov DKI harus menambah petugas agar dapat memastikan protokol kesehatan tetap dijalankan. Jangan dilonggarkan tapi protokol kesehatannya ikut longgar,” kata Bigwanto. Senada dengan Bigwanto, Anggota Komisi E DPRD DKI Jhonny Simanjuntak sepakat apabila pelonggaran PPKM mikro perlu diperluas, namun dilakukan secara bertahap. Tren kasus di DKI Jakarta cenderung menurun, pelonggaran pembatasan mulai dianggap perlu dilakukan secara bertahap. Sebelumnya pemerintah memang beberapa kali membanggakan pelaksanaan PPKM Mikro yang dinilai mumpuni mengendalikan wabah. Namun selain PPKM Mikro, pemerintah juga menempuh opsi vaksinasi untuk membantu mempercepat terbentuknya herd immunity.

Susi mengatakan aturan pembukaan tempat wisata selama libur Idul Fitri 1442 Hijryah sudah tercantum dalam aturan PPKM Mikro. Wilayah dengan zona merah dan oranye COVID-19 dilarang untuk membuka tempat wisata sedangkan wilayah dengan zona kuning dan hijau diperbolehkan untuk membuka fasilitas wisata dengan menerapkan protokol kesehatan dengan tepat. Diketahui bersama sejak perpanjangan PPKM degree four mulai 26 Juli lalu, kasus COVID-19 harian di dua wilayah itu mengalami naik turun.

Saat itu, kasus harian berada di angka 28 ribuan, namun sempat melonjak drastis di hari kedua dan kini kembali menurun di angka 30 ribuan kasus. Untuk itu, Josua mendorong Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 pemerintah segera menyalurkan bantuan sosial kepada rumah tangga terdampak. Dengan penyaluran bansos, ekspektasi dan optimisme masyarakat dapat terjaga.

Dalam konteks yang beragam itu, pemerintah pun menyiapkan berbagai bantuan bagi masyarakat yang memerlukan, terutama untuk orang-orang yang hidup di bawah garis kemiskinan, tetapi masyarakat yang memerlukan bantuan dan hidup di atas garis kemiskinan juga perlu dibantu. Menurut dia, masyarakat dengan tabungan di bawah Rp 1 juta sudah mulai menarik uangnya untuk kebutuhan sehari-hari di tengah Covid-19, sedangkan nilai tabungan di atas Rp 10 juta justru meningkat di tengah pandemi. “Jadi memang sempat ada perdebatan, tetapi esensinya yang terjadi dari keduanya adalah pembatasan kegiatan ekonomi,” ungkap Suahasil dalam diskusi daring di Jakarta. Luhut juga meminta, kalaupun terjadi pelonggaran, masyarakat dan semua elemen diminta untuk tetap berhati-hati.

Yutan