Cara Mendidik Anak Yang Baik, Cerdas, Religius, Dan Patuh

Untuk mengusir kegalauan, kami memilih staycation di resort tengah kota atau city lodge sebagai alternatif hiburan. Sama halnya dengan ditakut-takuti, anak yang kerap dibohongi saat masih kecil akan menjadi terbiasa dengan kebohongan-kebohongan yang ditanamkan oleh orang tuanya. Saat nanti ia sudah besar, ia tentu akan menganggap berbohong adalah hal yang wajar untuk dilakukan karena semua orang termasuk orang tuanya juga melakukannya.

Tidak perlu khawatir karena Pintek hadir untuk membantu Anda mengantarkan buah hati meraih cita-cita. Putra-putri Parent Pinters memerlukan perhatian agar mereka percaya jika orang tuanya sungguh-sungguh mencintai buah hatinya. Anak-anak yang terbuka dan akrab dengan orang tua akan lebih mudah di monitor karena Anda tahu mereka dapat dipercaya. Hanya saja, sebenarnya anak-anak tersebut tidak bisa disebut nakal. Sebab, menurut Dr Ahmad Suryawan SpA dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak RS Dr Soetomo Surabaya hal itu termasuk dalam perkembangan anak yang wajar.

Cara agar anak patuh

Sebagai orangtua, Anda tidak cuma mengajar atau mengarahkan, tapi memberi contoh yang baik dan benar. Karena di usia emas ini, si anak suka meniru orang-orang terdekatnya. Usia 0 tahun merupakan masa-masa yang kritis bagi perkembangan otak sang anak. Pada tahap inilah anak mengalami masa-masa keemasan dimana perkembangan otaknya terjadi dengan cepat dan pesat. Pada masa ini bahkan otak anak memiliki kemampuan untuk menyerap pengalaman-pengalaman baru lebih cepat dari anak yang berusia three tahun.

Setelah penemuan 12 penghuni rusun Penjaringan Sari Blok D positif Covid-19, Pemkot Surabaya kembali menemukan 7 orang penghuni rusun positif. “Harapannya mereka tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan tetap menjaga jarak,” ujarnya. Sosialisasi protokol kesehatan ini gencar dilakukan menjelang pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah di wilayah hukum Kecamatan Puncu.

Dalam mendidik anak konsistensi adalah hal yang penting dan ini tidak hanya berlaku bagi orang tua. Setiap anggota keluarga yang lain, baik itu kakek dan neneknya juga harus menerapkan hal yang sama. Maraknya berita tentang jaringan pedofilia di Facebook tentunya membuat orang tua khawatir. Lakukan beberapa hal ini untuk membentengi anak dari kejahatan seksual di dunia maya maupun di lingkungan rumah dan sekolah. Anak umumnya tidak dapat merespon dengan baik bila kita menghadapi mereka dengan bentakan atau amarah.

Kata-kata tidak akan mengajari anak untuk berbuat lebih baik dari yang sebelumnya. Beri kesempatan pada si kecil untuk mengeluarkan emosinya terlebih dahulu, baru kemudian berbicara atau memberi perintah. Kenali hal apa saja yang membuat anak mudah tantrum agar Ibu dapat meredakan tantrumnya. Ingat, berharap supaya anak nurut ketika ia sedang tantrum merupakan hal yang sia-sia ya, Bu. Pasti anak-anak akan merespon pembelajaran yang diajarkan tersebut.

Yutan