Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Yang Baik Agar Cerdas

Hal ini termasuk dalam bentuk pertentangan, salah satu ciri umum dari anak keras kepala. Ambil contoh, Anda memaksa anak Anda yang berusia enam tahun untuk berhenti menonton TV dan beranjak tidur. Hal ini sebenarnya tidak akan membantu, malah akan memicu perlawanan dari si kecil. Sebaliknya, saat Anda menunjukkan perhatian Anda dengan apa yang anak tonton, maka si kecil akan memberikan respon tertentu dan lebih merasa nyaman.

Caranya dengan memberitahu anak untuk tidak meminta hal tersebut lagi atau memilih hal lain. Jangan sepelekan waktu tidur si Kecil ya, Bu, karena di usia ini tidur sangat berperan dalam menunjang tumbuh kembangnya. Cara mendidik anak usia 2 tahun adalah dengan membiasakan untuk tidur tepat pada waktunya. Dengan tidur tepat waktu, maka ia terlatih untuk disiplin dan terbiasa untuk bangun dalam keadaan segar.

Mintalah anak Anda berpura-pura memberikan obat pada hewan yang diisi sebelum ia meminumnya. “Ini akan membantunya merasa nyaman dengan minum obat,” kata Dr. Altmann. Khawatir si sulung tertular virus cinta, awal tahun ini saya berinisiatif mengajak si sulung staycation di hotel bintang 5. Mengajarkan anak bukan berarti harus selalu membuat “peraturan-peraturan baru” yang tidak menyenangkan baginya, akan tetapi juga bisa dengan cara bermain bersama. Biarkan ia mempelajari sesuatu dari Anda dengan cara-cara yang jauh lebih menyenangkan seperti bermain, menari atau bermain musik bersama.

Cara agar anak patuh

Sifat anak yang hiperaktif seringkali cukup mengganggu jika berada di tempat umum. Beritahukan pada lingkungan tentang kondisi anak, sehingga lingkungan bisa memahami dan membantu memperikan perlakuan yang baik dan merasa lebih nyaman. Untuk itulah, cobalah menjadi orangtua yang konsisten pada semua perturan yang anda perbuat. Dengan ketegasan dan sifat konsisten pada diri anda akan membuat anak segan untuk melanggar peraturan yang anda buat karena ada sanksi yang harus mereka tanggung untuk semuanya. Jangan lewatkan berikan tatapan mata pada anak anda dan buatlah mereka berjanji untuk tidak mengulangi hal tersebut.

ASI adalah terbaik bagi buah hati, SGM sangat mendukung pemberian ASI. Saat Bunda menyusui, harap memperhatikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Penggunaan susu formulation harus sesuai dengan petunjuk dan dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Selain nutrisi, stimulasi dari lingkungan juga sangat penting untuk perkembangan seorang anak dan penting sebagai salah satu cara agar anak pintar. Penelitian yang ada menunjukkan bahwa stimulasi dapat dilakukan sejak anak lahir, karena banyak sekali koneksi antar saraf yang belum terbentuk dengan sempurna pada saat si Kecil lahir. Pembentukan koneksi ini akan dibantu oleh asupan protein dan juga oleh stimulasi dari luar. Contohnya pada saat lahir, si Kecil belum dapat melihat dengan baik, stimulasi dengan berbagai macam warna dapat membantu perkembangan sistem visible bayi. Stimulasi dari luar juga dapat membantu dalam mengasah daya ingat anak, seperti permainan memori yang memiliki peranan penting untuk bantu si Kecil jadi anak pintar. Memberikan stimulasi yang tepat adalah salah satu cara untuk meningkatkan cara kerja otak anak.

Atas dasar itu, Ockwell-Smith menyarankan orang tua untuk menggunakan instruksi positif. Orang tua seringkali menyuruh atau menuntut anak melakukan sesuatu. Tetapi, saat menyuruh atau menuntut, orang tua tidak menaruh perhatian ke anak. Jika Anda menginginkan anak melakukan sesuatu, panggil namanya tanpa berteriak.

Sekeras apapun anak bersikap, Anda tidak boleh memukul atau menggunakan kekerasan menghadapinya. Jika anak berbuat salah yang mengharuskannya menerima konsekuensi atas perbuatan tersebut, lakukan hal tersebut secara tegas. Ini juga menjadi salah satu cara anak untuk belajar mengekspresikan diri dan menemukan jati dirinya. Paksaan, hardikan dan teriakan, apalagi dengan nada kemarahan hanya akan membuat anak takut dan merasa tidak aman.

Yutan