Berjemur Pagi Mampu Tingkatkan Imun Tubuh, Simak Penjelasannya

Sistem imunitas tubuh kita harus terus ditingkatkan, salah satunya dengan berjemur. Vitamin D yang dihasilkan dari paparan sinar matahari dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Berjemur di bawah sinar matahari menjadi salah satu cara sederhana untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Menurut William B. Grant, seorang peneliti dari Pusat Penelitian Kesehatan di California, Amerika Serikat , sinar UVA memiliki peran penting dalam meningkatkan risiko melanoma alias kanker kulit dibandingkan UVB. Menurut dr Tan, sinar ultraviolet B bersamaan dengan kolesterol dalam tubuh akan membentuk vitamin D3 yang dibutuhkan oleh kulit, dan hanya dihasilkan oleh sinar matahari. Sinar Slot Online Terpercaya ultraviolet B yang terkandung dalam sinar matahari akan membentuk vitamin D3 dalam jumlah besar. Kemudian, vitamin D hasil dari produksi itu akan langsung disalurkan ke hati dan ginjal. Setelah terpapar oleh radiasi sinar UVB dalam waktu cukup lama, perubahan 7-dehidrokolesterol akan mencapai keadaan tunak yaitu ketika 7-dehidrokolesterol yang berada di kulit diubah sebanyak persen.

Berjemur matahari efektif meningkatkan imunitas tubuh

Dr.Lili Soetjipto, M.Si menyebut, virus Covid-19 ketika masuk ke dalam tubuh akan menguasai sel RNA. Jika daya tahan tubuh bagus, virus tersebut akan dilawan sehingga tidak sampai menguasai RNA. Karena Covid-19 ini juga termasuk self limiting disease, artinya bisa sembuh sendiri jika daya tahan tubuh pasien baik. Meski tidak terbukti mematikan virus Covid-19, tidak ada salahnya berjemur.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh jadi salah satu cara mencegah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Selain menjaga pola makan dan hidup bersih, untuk menjaga imunitas bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Dalam situs Good Doctor dijelaskan bahwa imunitas bekerja dalam sebuah sistem dan tidak berdiri sendiri. Agar sistem kekebalan tubuh Anda dapat bekerja dengan baik dan maksimal, Anda perlu melakukan serangkaian tindakan secara rutin dan berkelanjutan.

Vitamin D3 adalah vitamin larut dalam lemak yang terbentuk selama proses pembuatan vitamin D saat sinar matahari mengenai kulit. Dengan beristirahat yang cukup, itu sudah menjadi upaya yang cukup mudah untuk dilakukan dalam meningkatkan imunitasitas pada tubuh. Karena apabila tubuh kita beristirahat dengan cukup maka antibodi dalam tubuh meningkat, antibodi berfungsi untuk menjaga tubuh dari infeksi yang disebabkan oleh virus terlebih saat pandemi seperti ini. Selain itu, beristirahat dengan cukup dapat menurunkan stres dalam diri kita. Tidur yang cukup setidaknya 7-9 jam sehari sudah cukup membantu untuk meningkatkan imunitasitas. Durasi berolahraga juga mempengaruhi sistem imunitas, durasi paling efektif untuk berolahraga adalah menit dan dilakukan 5 kali dalam seminggu.

Meski begitu, perlu diingat bahwa hingga saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa sinar matahari dapat membunuh coronavirus, baik di udara ataupun di dalam tubuh. Berjemur disarankan karena dapat membantu meningkatkan sistem imun, bukan membunuh coronavirus. PADA awal masa pandemi virus corona atau Covid-19 di Indonesia, banyak masyarakat yang berjemur untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tak sedikit dari mereka yang rela terpapar cahaya matahari dengan waktu yang cukup lama. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D sangat baik untuk memenuhi kebutuhan harian. Namun jangan lupa, berjemur di bawah sinar matahari saat pagi juga merupakan cara efektif agar tubuh memproduksi sendiri vitamin D.

Yutan