Benarkah Hewan Peliharaan Dapat Terinfeksi Virus Korona?

Harimau jantan, Hari di dalam kandang setelah menjalani tes swab Covid-19 di Kebun Binatang Ragunan di Jakarta, Indonesia, 02 Agustus 2021. Menurut Huda Shalahudin, masyarakat, khususnya petugas di Taman Margasatwa Ragunan, tidak perlu panik terkait temuan hewan terpapar covid-19. “Kedua harimau itu telah menerima pengobatan, termasuk antibiotik, dan multivitamin sejak mereka menunjukkan gejala,” kata Suzi Marsitawati. Selang dua hari kemudian, harimau lainnya bernama Hari menampakkan gejala yang sama dengan Tino. Tino dan Hari bisa saja terpapar saat diberikan perawatan oleh petugas yang tidak tahu dirinya terpapar Covid-19 karena berstatus orang tanpa gejala .

Dua harimau positif terinfeksi covid

Dua harimau Sumatra yang berada di Taman Margasatwa Ragunan sempat terinfeksi Covid-19. Melansir dari India Today, delapan singa di Taman Zoologi Nehru Hyderabad India dilaporkan terkonfirmasi positif covid-19. Mereka terdiri dari empat singa jantan dan empat singa betina yang menunjukkan gejala demam. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan kondisi terkini dua harimau Sumatera yang terpapar Covid-19 di Ragunan. TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Dua harimau Sumatera yang berada di Taman Margasatwa Ragunan sempat terinfeksi Covid-19.

Selain Nadia, saudaranya yang bernama Azul dan dua harimau jenis Amur, dilaporkan mengalami gejala sakit serupa. Akan tetapi, harimau lain yang berada di kandang sama tidak menunjukkan gejala infeksi coronavirus. Harimau Malaya berusia four tahun bernama Nadia, enam harimau dan singa lain juga jatuh sakit. Mereka diyakini telah terinfeksi oleh seorang karyawan kebun binatang yang belum menunjukkan gejala, kata perwakilan dari kebun binatang itu.

Yang menarik warga yang dimaksudnya adalah harimau yang berada di Taman Margasatwa Ragunan . Pernyataan itu diungkapkan menanggapi dua harimau sumatera di Taman Margasatwa Ragunan Kong Slot Jakarta, yang terkonfirmasi positif Covid-19. Menurut Huda, masyarakat khususnya petugas di Taman Margasatwa Ragunan tidak perlu panik terkait temuan hewan terpapar Covid-19.

Namun hingga saat ini, kata Endah, masih belum ada perawat dari Tino dan Hari yang dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan tracing atau penelusuran. Sementara itu, Suzi juga memastikan bahwa tidak ada petugas Taman Margasatwa Ragunan yang terpapar Covid-19. Kini, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta tengah menyelidiki penyebab kedua harimau itu terinfeksi Covid-19. Apabila mau tahu lebih lanjut seputar COVID-19 gunakan fitur Live Chat untuk konsultasi langsung dengan dokter. Sedangkan untuk membantu menentukan gejala, Anda bisa mencoba tes coronavirus online di sini. KlikDokter juga telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk menekan angka persebaran virus corona.

Yutan