Agar Tugas Belajar Di Rumah Tak Membosankan, Guru Bisa Lakukan Ini

Ajak anak untuk berpikir dan mencari tahu apa yang ingin mereka kerjakan hari itu. Ingatkan mereka bahwa dirimu masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan dan perlu waktu tenang untuk melakukannya, dan bagikan jadwalmu. Di dalam dan di luar pekerjaan, interaksi manusia penting, jadi jadwalkan panggilan video dan angkat telepon alih-alih mengirim email. Luangkan waktu untuk bersosialisasi secara virtual – jadwalkan dalam rehat kopi digital atau kumpul-kumpul on-line.

Jangan sampai sesi belajar ini terlihat memaksa dan membuat anak merasa terpaksa. Orang tua juga bisa memulainya dengan mengajak melakukan percakapan dengan menggunakan bahasa Inggris dasar. Dengan begitu, mereka nantinya akan terbisa juga untuk melakukan percakapan dalam bahasa Inggris. Jadi, meskipun saat ini kondisi pendidikan Indonesia tidak sepenuhnya siap, namun bukan berarti mustahil. Proses pembelajaran ini masih sangat berpotensi dan bisa mengembangkan pendidikan di Indonesia. Namun, jika perpindahan dilakukan di tengah masa belajar, murid akan mengikuti periode Kelas Reguler yang sedang berjalan.

Salah satu sarapan bernutrisi untuk anak dan keluarga adalah GoWell. GoWelladalah sereal susu yang terbuat dari gandum, telur, susu, dan dilengkapi dengan vitamin dan mineral untuk jaga daya tahan tubuh di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Ayu Safitri adalah salah satu pengurus Yayasan Bintang Mulia yang saat ini aktif menulis serta menjadi trainer untuk bidang parenting dan pendidikan, khususnya homeschooling. Selanjutnya, kita carikan pendidikan alternatif yang lebih tepat dimana anak bisa menyalurkan minat dan mengembangkan potensinya.

Waktu bermain bersama teman-teman sebagai pelepas lelah pun tidak bisa dilakukan, dan digantikan dengan kegiatan di rumah bersama keluarga dan orang tua. Anda bisa menjadwalkan waktu untuk melakukan komunikasi terpisah di luar kegiatan belajar dengan sang guru bersama orang tua lain. Pada kesempatan ini Ibu bisa menyampaikan berbagai kendala atau tantangan yang dihadapi selama kegiatan belajar mengajar agar tetap efektif selama di rumah. Mama bisa duduk bersama anak untuk membicarakan jadwal harian mereka, yang sebaiknya tidak hanya mencakup pelajaran dari sekolah, tetapi juga waktu bermain, membaca, dan mengerjakan aktivitas rumah tangga. Jika anak belum terbiasa dengan proses pembelajaran secara online, Mama bisa memulai dengan sesi-sesi belajar singkatsekitar 10 menit, kemudian secara bertahap menambah durasinya.

Proyek ini mendukung murid untuk menerapkan cara berpikir yang kritis, keterampilan menyelesaikan masalah, dan meningkatkan kreativitasnya dalam mengeksplorasi cita-citanya. “Kurikulum di Sekolah Murid Merdeka sangat jelas dan penerapannya pun menjadi solusi harapan para orang tua. Karena tidak hanya fokus pada akademik, namun juga potensi minat dan bakat anak.” Bisa jadi, temper mereka turun untuk belajar karena rindu bertemu dengan teman. Janjikan pada anak, jika belajarnya sudah selesai ia bisa menemui temannya lewat video name.

Cara agar anak tidak bosan sekolah online

Selama menjalani sekolah di rumah, anak jadi tidak bisa bermain bebas di sekolah bersama teman-temannya. Bila hal ini terjadi dalam waktu yang lama, anak bisa menjadi pribadi yang pendiam dan tidak percaya diri di kemudian hari. Menghabiskan lebih banyak waktu bersama orang tua memang penting. Namun, ini bisa membuat anak menjadi lebih malas, kurang belajar untuk mandiri, dan tergantung pada orang tua. Sekolah on-line di rumah memang bisa melindungi anak dari penularan virus Corona. Dengan berada di rumah saja, Bunda dapat mengawasi segala yang dilakukan Si Kecil dan memastikan ia menerapkan protokol kesehatan sehari-hari.

Sediakan sarana prasarana yang memadai di rumah, seperti koneksi internet yang stabil serta ruangan yang tenang dan kondusif untuk belajar. Sediakan makanan bergizi agar otak dan fisiknya sehat dan kuat untuk melakukan proses belajar. Penting untuk mengevaluasi kegiatan belajar si kecil saat sekolah online.

Kesulitan yang dialami si anak dalam menyelesaikan tugas atau memahami sebuah materi seringkali juga memicu rusaknya mood belajar. Ketika mereka menemukan kendala yang terselesaikan, seringkali membuat si anak menyerah dan malas untuk kembali belajar. Bahkan tak sedikit pula yang merasa stress akibat tugas yang susah dikerjakan. Saat sebelum pandemi, ketika mereka belajar di sekolah, si anak akan bertemu dengan teman-temannya. Siswa akan merasa senang karena dengan bertemu dengan teman-teman sekolahnya, mereka dapat melakukan kegiatan Bersama-sama, mulai dari mengerjakan tugas, bertukar cerita, pergi bermain dan lain sebagainya. Program WSE GO merupakan program pengajaran bahasa Inggris yang efektif untuk para orang tua yang sibuk.

Maka dari itu tidak heran jika anak mudah bosan untuk terus belajar sebagaimana di sekolah. Demikian beberapa persiapan yang bisa orang tua siapkan untuk si kecil yang akan masuk sekolah TK di hari pertamanya selama pandemi agar dapat belajar maksimal. Selain persiapan di atas, ada baiknya orang tua juga selalu mengajarkan kebersihan maupun protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan memakai masker. Cara belajar yang menyenangkan akan tercipta saat anak terbebas dari gangguan yang bisa membuat ia tidak fokus belajar. Berbeda dengan di sekolah, di rumah ada banyak faktor yang bisa mengganggu anak belajar. Jadi, Ibu perlu menyimpan sementara gadget, mainan, maupun benda-benda yang bisa mengganggu konsentrasi anak saat belajar.

Saat ada hal-hal tertentu, baik metode pengajaran atau tugas yang diberikan oleh guru dirasa kurang tepat da, jangan langsung mencelanya di depan anak. Segera komunikasikan dengan guru, agar yang bersangkutan dapat memperbaikinya. Anda juga perlu ikut belajar aplikasi online yang digunakan anak-anak, dan melakukan eksplorasi lebih. Dengan demikian, Anda akan menemukan fitur atau hal-hal baru yang dapat meningkatkan kenyamanan anak saat memanfaatkan aplikasi tersebut. Anak-anak dengan gaya belajar kinestetik lebih sering membutuhkan gerak dan praktek secara langsung. Mereka mungkin akan lebih kesulitan memahami pelajaran jarak jauh dibandingkan dengan anak-anak yang memiliki gaya belajar audio dan visual.

Yutan