7 Suggestions Anti Bosan Belajar Daring Dari Mendikbud

Justru, dengan memarahi si kecil dapat membuatnya malas dan tidak semangat belajar. Pandemi Covid-19 ini telah mengubah pola pembelajaran yang semestinya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut daring. Hal ini berdasarkan surat edaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Pembelajaran jarak jauh ini menuntut anak untuk menguasai materi pembelajaran yang diberikan guru secara online.

Fokus anak-anak di jenjang TK memang untuk bermain dan beraktivitas yang menyenangkan. Jika terdapat paradigma jenjang pendidikan tersebut merupakan kesempatan anak belajar membaca dan menulis maka pemikiran ini banyak ditentang. Keterlibatan orang tua juga dilakukan agar kegiatan olah raga di rumah semakin menyenangkan. Misalnya saat harus membuat video olah raga, otomatis ada peran orang tua di dalamnya. Tidak hanya bekerja yang membutuhkan tempat yang nyaman, belajar pun demikian. Rumah yang notabene menghadirkan suasana untuk beristirahat dengan tenang seringkali membuat malas melakukan pekerjaan serius.

Tanpa saudara yang dapat diajak bermain tentu anak semakin kesepian. Salah satu cara agar tidak bosan di rumah sendirian Anda bisa mengajaknya membaca buku bersama. Salah satu keuntungan belajar mandiri sebenarnya adalah orang tua bisa menerapkan sistem belajar yang sangat private sesuai dengan karakteristik anak.

Namun, bagi anak yang masih duduk dibangku TK dan SD belum mengetahui cara belajar yang tepat sesuai dirinya. Maka dari itu peran orangtua mendampingi anak selama proses belajar on-line sangat penting. Selain itu, orangtua juga perlu menerapkan cara belajar kepada anak yang tepat.

Tidak adanya hal-hal di atas, membuat anak merasa malas dan tak diatur. Sebagai orang tua, inilah saatnya membantu menyusun kegiatan belajar-mengajar anak dengan membuat jadwal sekolah serta tugas. Kegiatan belajar mengajar di tanah air berubah kala virus corona masuk ke Indonesia. Pemangku kebijakan negeri ini memutuskan kegiatan tersebut dilakukan di rumah secara on-line atau dengan model dalam jaringan . Ini pekan ketiga pembelajaran dilaksanakan secara daring, tentu kreativitas para guru ditekankan agar para anak nyaman belajar.

Ia pun mengakui, agak kesulitan dengan menerapkan belajar on-line ini, pasalnya tidak setiap orang tua memiliki fasilitas pendukung belajar online. “Kan pasti bosan itu belajar hanya dikasih tugas aja, jadi kami bikin lebih kreatif misalnya menggunakan video. Contoh dalam mata pelajaran seni budaya, kan ada seni tari, nah nanti anak-anak diminta membuat video saat mereka menari, bisa juga menggunakan pakaian adat yang mereka miliki.

Agar anak tidak gampang bosan, gabung kegiatan belajar dengan berbagai permainan edukatif di rumah. Misalnya lewat permainan edukatif seperti bermain puzzle dan tebak gambar, primary lompat tali, atau bahkan main masak-masakan dengan bahan sederhana. Pada mulanya sekolah selama ini tidak begitu melibatkan orang tua dalam proses pendidikan anak. Meski tidak sekolah, setiap sekolah telah memiliki jadwal pelajaran untuk anak-anak secara online.

Cara agar anak tidak bosan sekolah online

Kemudian, setelah selesai baru dilanjutkan dengan tugas lainnya. Hal ini akan membantu tetap fokus dan dapat mengerjakan pekerjaannya lebih maksimal. Propper manner yang dimaksud di sini adalah bagaimana membangun jembatan komunikasi dengan memerhatikan keadaan kedua belah pihak yang bersangkutan.

● Pembelajaran jarak jauh bukanlah hal baru, dan selama ini sudah banyak orang yang mempraktekkannya. Mereka bahkan bisa meraih gelar dan banyak ilmu dari sekolah atau universitas secara on-line. Bagi anak, pembelajaran jarak jauh mungkin belum menjadi kebiasaan baru yang mudah untuk dilakukan. Maka kurangi ekspektasi terkait jumlah jam belajar dan target-target nilai. Fokuslah pada kenyamanannya saat belajar dan kemampuannya menyerap pelajaran dengan baik.

Yutan