10 Ideas Mengatasi Anak Didik Jenuh Belajar Di Kelas

Bersikap dinamis adalah salah satu cara mencegah anak bosan belajar di rumah. Misalnya, saat belajar sejarah candi, ajak anak untuk mengikuti digital tour ke candi-candi yang ada di web. Cari informasinya, lalu berpartisipasilah untuk belajar bersamanya. Keterlibatan orang tua sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran daring, minimal dalam bentuk monitoring dengan cara keterlibatan, fokus, konsisten dan menguat serta memberi solusi kepada anak.

Cara agar anak tidak bosan sekolah online

Tapi diperlukan kerjasama dari orang tua untuk terus memperbaharui alamat, karena terkait dengan pengiriman toolkit. Merancang produk dan layanan yang berharga sesuai dengan kondisi lingkungan. Mampu mengelaborasi ide orisinil, menjadi lebih detail dan didukung langkah kecil untuk solusi.

Pada masa pembelajaran jarak jauh atau daring, sangat dibutuhkan partisipasi orang tua agar pembelajaran ini dapat terlaksana dengan optimum. Dalam pembelajaran daring, orang tua merupakan rekan kerja guru dalam mengajar anak-anak di rumah. Oleh karena itu, orang tua harus berpartisipasi dalam menyampaikan kembali materi pembelajaran serta membuat anak memahami konsep yang diberikan guru secara on-line.

Metode pembelajaran jarak jauh selama pandemi ini membawa tantangan tersendiri bagi orangtua dalam mendampingi anak. Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan untuk mendukung proses belajar anak. Psikolog dan Praktisi Brainspotting Pamela Anggia Dewi membagikan sejumlah kiat untuk para orang tua, agar si anak terhindar dari rasa jenuh ketika melaksanakan kegiatan belajar dari rumah. Moms, pemerintah telah mengumumkan pembelajaran tatap muka akan dimulai kembali pada Januari 2021.

Jadwal rutinitas yang dapat Anda susun misalnya, jadwal tidur yang konsisten dan waktu bangun konsisten, serta faktor waktu bermain dan waktu untuk membaca. Anda dapat juga menggunakan kegiatan sehari-hari sebagai kesempatan belajar untuk anak-anak Anda. Setelah selesai sekolah online, sebaiknya tidak memaksakan anak untuk langsung melanjutkan belajar, ada baiknya biarkan anak istirahat dulu.

buatlah beberapa slide tampilan materi pembelajaran dengan menyisipkan animasi lucu dan bergerak di dalamnya. penjelasan poin seperti ini juga lebih jelas dalam mengarahkan tujuan pembelajaran itu sendiri. sesekali sarankan juga murid-murid untuk belajar membuat presentasi lewat energy level.

Sempatkan berjemur selama 5-15 menit di jam 10 pagi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sebagian siswa, begitu juga orang tua telah banyak sekali mengeluh jenuh dan bosan dengan aktifitas yang dinilai terbatas tersebut. Tak sedikit juga siswa mulai merasakan penurunan semangat belajar hingga stress. Selain itu, para guru akan mengalami kesulitan dalam menentukan kelulusan atau kenaikan siswa hanya dari ujian online. Oleh karena itu, jika memang Indonesia ingin menerapkan belajar on-line, maka proses penilaian juga harus diubah. Jadi ketentuan siswa naik atau tidak, tidak hanya dilihat dari nilai ujiannya saja.

Yutan